Selasa, 21 Juni 2022 | 16:59 WIB

Bikin Bangga, Ini Sejumlah Keunikan Bola Piala Dunia 2022 Produksi Madiun

Asy Syaffa Nada A
title image
Gubernur Jawa Timur Khofifah saat melihat langsung produksi Al Rihla, bola Piala Dunia 2022 yang dibuat di Madiun. (source: Instagram/khofifah.ip)

Indotnesia - Ajang turnamen sepakbola terbesar Piala Dunia 2022 akan segera berlangsung di Qatar pada 21 November-18 Desember 2022. Meski tim nasional Indonesia belum bisa masuk dalam daftar peserta, Adidas mempercayakan PT Global Way Indonesia yang terletak di Madiun, Jawa Timur, untuk memproduksi bola resmi turnamen.

Melalui akun Instagram @khofifah.id, Gubernur Jawa Timur tersebut mengumumkan bahwa Indonesia terpilih sebagai negara untuk memproduksi bola resmi Piala Dunia bernama “Al Rihla”.

“Inilah bola yang akan digunakan pada kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Di ajang olahraga terbesar ini, Indonesia punya peran penting di setiap pertandingannya. Fyi, Al Rihla si bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar adalah bola buatan Indonesia yang diproduksi di Madiun,” tulis Khofifah dalam keterangan foto yang diunggahnya di Instagram pada Sabtu (18/6/2022).

Dilansir dari Suara.com, bola yang diproduksi oleh pabrik asal Madiun tersebut telah diekspor sekitar 50.000 buah ke sejumlah negara, diantaranya adalah Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, dan Brazil.

Sedangkan dalam setahun, pabrik pembuatan bola Piala Dunia itu bisa memproduksi sekitar 1 juta bola sesuai dengan kapasitasnya.

Saat menghadiri pelepasan ekspor bola piala dunia, Khofifah berharap pencapaian tersebut dapat membawa pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur sekaligus menjadi referensi dan gravitasi sektor industri lainnya.

Orang nomor satu di Jawa Timur itu juga turut berbahagia dan bangga, Bumi Kampung Pesilat Madiun bisa menghadirkan produksi bola berkualitas piala dunia yang akan digunakan oleh para pemain sepakbola internasional dan siap dilepas ekspor.

“Terima kasih karena saya diberi kesempatan untuk menyaksikan bahwa dari kampung pesilat kabupaten Madiun, melalui Global Way Indonesia telah diberi kepercayaan oleh Adidas untuk menyiapkan bola pada FIFA World Cup 2022 di Qatar. Ini kesempatan luar biasa,” kata Khofifah dalam acara pelepasan ekspor bola piala dunia, Kamis (16/6/2022).

Berdasarkan akun Instagram @jatimpemprov, Al Rihla memiliki sejumlah keunikan sebagai bola resmi Piala Dunia 2022, yaitu:

1. Merupakan bola ke-14 yang berturut-turut dibuat Adidas untuk Piala Dunia.

2. Memiliki desain bentuk panel yang terinspirasi oleh perahu dhow tradisional.

3. Memiliki corak solid, berwarna biru, merah, kuning yang merupakan pemandangan lampu malam di Doha, Qatar.

4. Bola pertandingan resmi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

5. Bola Piala Dunia pertama yang secara eksklusif dibuat dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Baca Juga

Tag

Komentar

Berita Terkait

Tampilkan lebih banyak
Ikuti Kami