2.000 Tamu Hadiri Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey

Prosesi upacara pemakaman Ratu Elizabeth II masih akan dilakukan dalam sebuah peribadatan khusus keluarga.

Veronika Yasinta
Senin, 19 September 2022 | 17:59 WIB
2.000 Tamu Hadiri Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey
Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, London, Inggris, pada Senin (19/9/2022) (YouTube/The Royal Family)

Indotnesia - Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II telah dimulai di Westminster Abbey, London, Senin (19/9/2022). Sekitar 2.000 orang pelayat, termasuk 500 pejabat negara seperti presiden, perdana menteri, dan bangsawan menghadiri acara tersebut.

Laporan dari BBC menyebutkan ibadah untuk pemakaman sang ratu dipimpin oleh Pejabat Tinggi Gereja Westminster, dengan khotbah dari Uskup Agung Canterbury.

Sementara Raja Charles III memimpin prosesi dengan berjalan di belakang peti mati ibunya saat dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey. Peti mati Ratu Elizabeth dibawa melewati Parliament Square dengan jarak sekitar 250 meter.

Iring-iringan lainnya terlihat adik-adik Raja Charles berjalan berdampingan. Sedangkan Pangeran William dan Pangeran Harry nampak berjalan di belakang ayah mereka.

Baca Juga:125 Bioskop Inggris Akan Tayangkan Langsung Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Dari antara tamu yang hadir, nampak Presiden AS Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, serta ada juga enam mantan perdana menteri Inggris yang turut hadir.

Mantan perdana menteri Inggris yang hadir adalah Theresa May, Tony Blair, David Cameron, Gordon Brown, John Major, dan Boris Johnson.

Terlihat hadir juga banyak keluarga kerajaan Eropa, termasuk Belgia, Belanda, Spanyol, dan Denmark. Selain itu, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako juga datang ke upacara pemakaman Ratu Elizabeth II.

Jutaan orang di Inggris juga menyaksikan pemakaman ratu melalui layar kaca, sementara sebagian tempat kerja ditutup, termasuk bank.

Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II diisi dengan musik gereja tradisional dan pembacaan Alkitab. Pada menjelang akhir, Last Post akan dimainkan sebelum mengheningkan cipta nasional selama dua menit.

Baca Juga:Seorang Pria Ditangkap karena Dekati Peti Jenazah Ratu Elizabeth II

Setelah ibadah di gereja, peti mati sang ratu akan ditarik dalam prosesi jalan kaki dari Westminster Abbey di Hyde Park Corner, ke jalan dekat Big Ben. Kemudian salut senjata akan ditembakkan setiap menit selama prosesi iring-iringan. 

Warga dapat menyaksikan secara langsung dari pinggir jalan di sepanjang rute. Peti jenazah Ratu Elizabeth II diperkirakan sampai ke Wellington Arch sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Peti akan dipindahkan ke State Hearse untuk perjalanan terakhirnya di Kastil Windsor. Di sana, peti mati sang ratu akan berada di Kapel St George untuk prosesi ibadah dengan jemaat yang lebih kecil.

Sekitar 800 tamu akan mengikut ibadah tersebut. Pada upacara pemakaman keluarga itu, kemudian Ratu Elizabeth II akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip.

Aktual

Terkini

Menampilkan akting pemain lama Black Panther dan memperkenalkan kaeakter baru. Siapa saja?

Aktual | 11:30 WIB

Sebelumnya, muncul rumor kedekatan antara Jennie dengan V BTS setelah foto pribadi mereka tersebar secara online.

Aktual | 10:56 WIB

Ariel Tatum tampil memukau dengan balutan dress warna merah.

Aktual | 10:15 WIB

Salah satu cuitan yang ditulis di Twitter, yaitu "Salut sama pak tentara, musnahkan".

Aktual | 09:00 WIB

Film laga yang berkisah tentang pahlawan Indonesia itu akan dirilis pada bulan depan.

Aktual | 17:40 WIB

Bencana hidrometeorologi adalah fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi atmosfer, air, atay lautan yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa, cedera, atau dampak kesehatan lainnya.

Aktual | 17:25 WIB

Tak perlu repot, pengecekan dapat dilakukan secara online.

Aktual | 16:29 WIB

Baim juga menerima kritik dan hujatan dan berbagai pihak.

Aktual | 15:19 WIB

Hal itu buntut atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan.

Aktual | 13:28 WIB

Bunga jeumpa atau bungong jeumpa adalah bunga khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Aktual | 12:10 WIB

'Polisi punya alasan juga kemudian menggunakan gas air mata untuk menghalau tindakan anarkis sebagian suporter Aremania itu,' ucap Polri.

Metropolitan | 19:06 WIB

'Ada yang kena kepala belakang, mulai sakaratul maut sampai dia meninggal ada di bopongan tangan saya,' ucap Dadang Indarto, salah seorang Aremania yang selamat.

Metropolitan | 17:49 WIB

Saat melakukan roasting, Mamat dinilai memakai kata tidak pantas dan membuat Hillary merasa namanya dicemarkan.

Metropolitan | 17:32 WIB

Soal tragedi Kanjuruhan, Ade Armando yang menuding Aremania jadi biang kerok disindir balik oleh Bintang Emon.

Metropolitan | 14:01 WIB

Seperti Aremania lain, bocah itu juga menikmati jalannya pertandingan. Namun senyumnya berganti dengan ketakutan ketika polisi mulai menembakkan gas air mata.

Metropolitan | 14:00 WIB

Fuji mengungkap kebahagiaannya bisa bertemu sang kakak meski hanya lewat mimpi.

Gosip | 18:59 WIB

Juragan 99 dan Shandy Purnamasari tampak bersama saat safari takziah ke rumah para korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan.

Gosip | 18:55 WIB

Berapa kerugian yang dialami Ruben Onsu, belum diketahui secara pasti.

Gosip | 18:44 WIB

Sebelum dihantam isu perselingkuhan dengan Denise Chariesta, ternyata Regi Datau telah berjanji tidak akan tinggalkan Ayu Dewi dan anaknya sampai mati.

Gosip | 18:25 WIB

Maia Eztianty beri petuah tentang beberapa alasan kapan seharusnya seseorang menikah. Mengapa mereka menyebut akun Rizky Billar?

Gosip | 18:18 WIB
Tampilkan lebih banyak