Sederet Peristiwa di Babarsari hingga Mendapat Julukan Gotham City

Belum lama peristiwa kerusuhan di Babarsari menjadi tranding topik di Twitter hingga julukan Gotham City. Bagaimana ceritanya?

Dwi Wulandari
Rabu, 06 Juli 2022 | 12:23 WIB
Sederet Peristiwa di Babarsari hingga Mendapat Julukan Gotham City
Tangkapan layar Twitter/ @merapi_uncover

Indonesia -  Nama Babarsari ramai diperbincangkan lantaran peristiwa kerusuhan antar kelompok yang belum lama terjadi. Rupanya sebelum itu, di kawasan Babarsari juga pernah terjadi  sejumlah kejadian lain. 

Sederet peristiwa di Babarsari

1. Tahun 2017

Pada 29 Juni 2007, terjadi kerusuhan yang melibatkan dua kelompok mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bukan asal Yogyakarta. Akibat kejadian itu, 3 orang mengalami luka-luka. 

Baca Juga:Memahami Curahan Hati Anak Kos-kosan yang Tinggal di Kawasan Babarsari The Gotham City

2. Tahun 2012 

Terjadi kerusuhan antara warga dengan mahasiswa asal Timor Leste pada 8 Mei 2012. Percekcokan berawal saat mahasiswa asal Timor Leste itu ditegur oleh petugas (warga) lantaran tidak membayar parkir. 

Karena tak terima, keesokannya pemuda itu kembali bersama rombongan teman-temannya se-daerah untuk membalas dendam. Benar saja, petugas parkir yang saat itu sedang berjaga dan seorang warga Babarsari terkena bacok. 

Warga yang menyaksikan kejadian itu pun tak Terima dan terjadilah bentrok antara warga dan kelompok mahasiswa asal Timor Leste. Kejadian itu menyebabkan 2 orang meninggal dunia, 1 orang luka-luka, dan kerusakan fasilitas di sekitar TKP. 

3. Tahun 2018

Pada 12 September 2018 terjadi bentrokan antara kelompok Papua dan Ambon yang berawal dari keributan di sebuah kafe di Seturan. Keributan itu menyebabkan 1 orang asal Papua terluka. 

Hal itu berbuntut pada kelompok Papua turun ke jalan membawa berbagai atribut senjata tajam untuk mencari pelaku yang membuat temannya terluka. 

4. Tahun 2020

Tak hanya bentrokan antar kelompok daerah, pada 2020 terjadi kerusuhan ojek online (ojol) dengan dept kolektor. Lokasi kejadian Ruko Casa Grande depan kantor Grab.

Awalnya ada seorang ojol yang diberhentikan oleh dept kolektor yang akan menyita motornya. Tak Terima, temannya yang melihat kejadian itu melerai dan meminta ojol tersebut untuk pergi. 

Kejadian itu berujung pada rusuh dept kolektor yang membawa teman-temannya untuk mengeroyok ojek online itu. Kelompok ojek online pun kembali menggeruduk kantor dept kolektor  itu. 

5. Tahun 2022

Terjadi kerusuhan antara AMKEI dan kelompok Melanesia pada 2 Juli 2022. Kerusuhan berawal dari percekcokan antara orang asal NTT dan orang asal Maluku yang terjadi di tempat karaoke di sekitar Babarsari.

Percekcokan itu berujung pada kerusuhan antar kelompok asal NTT dan Maluku yang kemudian juga melibatkan orang Papua lantaran terjadi salah sasaran saat balas dendam. Dari kerusuhan itu, 1 orang asal Papua mengalami cacat permanen, beberapa orang luka-luka, dan pembakaran markas, ruko, serta sepeda motor.

Dari kejadian kerusuhan yang sering terjadi itu, Babarsari kemudian mendapat julukan sebagai Gotham City.

Babarsari Dijuluki Gotham City

Babarsari merupakan salah satu kawasan di Yogyakarta yang terletak di Kalurahan Catur tunggal, Depok, Sleman. Di kawasan tersebut berdiri banyak kampus yang menyerap mahasiswa dari berbagai daerah.

Kawasan Babarsari juga disebut sebagai tempatnya orang-orang Indonesia Timur bermukim sebagai perantau. Selain itu, di kawasan Babarsari dan sekitarnya juga menjadi salah satu pusat hiburan di Jogja

Kaitannya dengan julukannya sebagai Gotham City itu merupakan kota fiksi yang muncul dari cerita komik Amerika terbitan DC Comics atau yang dikenal sebagai rumah Batman.

Di sana lah karakter superhero yang disebut Batman itu menyusun operasinya.  Gotham juga menjadi latar cerita utama yang menampilkan karakter tersebut.

Suasana di kota fiksi itu dipengaruhi oleh kota-kota seperti New York dan Chicago. Nama Gotham sendiri dipilih penulis, Bill Finger lantaran agar setiap daerah dapat mengidentifikasi sendiri.

Dalam cerita superhero itu, Gotham digambarkan sebagai tempat berkumpulnya mafia dan dengan tingkat kejahatan yang tinggi. Namun, kota itu juga sebagai kawasan bisnis.

Dari aspek-aspek itulah, Kumunculan julukan Babarsari  sebagai Gotham City yang sebenarnya kota fiksi dari karakter komik Batman.

Aktual

Terkini

Mulai dari rutin cek akun google hingga rutin ganti password, begini penjelasannya!

Gaya Hidup | 17:15 WIB

Witan Sulaeman resmi bergabung klub Liga Slovakia menyusul Egy Maulana Vikri.

Sosok | 16:10 WIB

Tim investigasi sedang melakukan proses sinkronisasi hasil temuan tim masing-masing.

Aktual | 10:36 WIB

Permainan jadi ajang untuk mengingat semangat perjuangan kemerdekaan.

Aktual | 18:00 WIB

Tas itu bernama The Trash Pouch yang dikeluarkan Balenciaga, seperti apa bentuknya?

Gaya Hidup | 16:30 WIB

Aturan memasang bendera Merah Putih diatur dalam Undang-undang No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Langsung Kebangsaan.

Aktual | 15:26 WIB

Padahal, kerusuhan berkebalikan dengan ajaran yang diajarkan dalam PSHT.

Aktual | 14:04 WIB

Keutamaan puasa Asyura disebut bisa melebur dosa setahun sebelumnya.

Aktual | 11:57 WIB

Kucing juga disebut sebagai sahabat manusia, lho.

Aktual | 10:50 WIB

Ia dipecat setelah akun MUI Payakumbuh mengomentari salah satu konten videonya.

Sosok | 18:37 WIB

Setelah sempat lesu akibat pandemi Covid-19 yang melanda, sejak awal tahun ini Tebing Breksi kembali ramai pengunjung.

Pelesiran | 16:39 WIB

Setiap hari, orang kehilangan 100 helai rambutnya dan ini adalah normal. Tapi, jika rambut rontok dan sulit tumbuh kembali, Anda perlu waspada.

Gaya Hidup | 15:22 WIB

Olimpiade ini diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK atau sederajat di DIY.

Aktual | 12:53 WIB

Jika Anda berpikir selingkuh untuk merasa lebih baik, yang ada itu hanya membuat situasi menjadi sangat berantakan.

Gaya Hidup | 11:36 WIB

Senator Hanson mengatakan turis Australia yang berkunjung ke Bali dapat membawa penyakit mulut dan kuku ketika kembali ke negaranya.

Aktual | 10:20 WIB
Tampilkan lebih banyak