Merasa Sulit Berteman? Mungkin 3 Alasan Ini Jadi Penyebabnya

Tak jarang, orang dewasa masih merasa kesulitan menjalin pertemanan.

Veronika Yasinta
Kamis, 30 Juni 2022 | 15:02 WIB
Merasa Sulit Berteman? Mungkin 3 Alasan Ini Jadi Penyebabnya
Sumber: Pixabay

Indotnesia - Ketika dewasa, tak jarang sebagian dari kita masih kesulitan berteman. Sukar menemukan teman yang cocok sesuai dengan kepribadian kita tak jarang membuat kita merasa sendirian.

Berbagai usaha yang dilakukan untuk menjalin pertemanan berakhir dengan kegagalan, bahkan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Melansir Very Well Mind, Psikolog dari Humantold, Jessica Ermilio, PsyD, mengatakan ada sejumlah alasan mengapa seseorang kesulitan punya teman.

“Sangat umum untuk kurang menjalin pertemanan. Banyak orang merasa tidak punya teman atau merasa orang lain tidak memahaminya,” ucapnya.

Baca Juga:Kenali ADHD, Gangguan yang Bikin Kamu Sering Gagal Fokus

Berikut 3 alasan yang mungkin jadi penyebab Anda kesulitan berteman:

Kecemasan

Menurut Healthline, anxiety atau kecemasan ada respons natural tubuh seseorang yang mengalami stress. Ini adalah perasaan takut terhadap hal yang akan terjadi.

Bagi sebagian orang, kekhawatiran ini bisa menganggu kemampuan untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang lain. Kecemasan juga membuat seseorang merasa gugup dan tidak yakin tentang diri sendiri ketika bercakap-cakap.

Menurut Ermilio, perasaan tidak nyaman itu yang mendorong kita untuk menghindari pertemanan. Dia menyarankan, ketika Anda berusaha untuk menjalin pertemanan lagi, cobalah memeriksa pikiran dan perasaan Anda, apakah merasa gugup, takut, atau tidak yakin.

Baca Juga:Memahami Cerebral Palsy, Penyakit yang Disebut Bisa Membaik dengan Ganja

Kemudian, tanyakan pada diri sendiri, apakah perasaan tersebut membantu atau justru menghambat kemampuan untuk berteman. Cara ini dapat membantu kita untuk lebih memahami mengapa kesulitan untuk berteman.

Penghindaran

Penghindaran merupakan perilaku untuk menghindari memikirkan, merasakan, atau melakukan hal-hal yang sulit. Penghindaran seperti ini menjadi upaya untuk menghindari stres daripada harus menghadapi sesuatu yang sulit.

Ketika ada kesempatan untuk berteman, Anda kerap lebih memilih untuk menghindari. Jadi ketika berada dalam situasi tersebut, coba tanyakan pada diri sendiri mengapa hal itu terjadi.

Berhati-hatilah dengan keputusan yang Anda ambil dan alasan mengapa memilih menghindari pertemanan. Sangat sulit untuk berteman apabila Anda tidak punya niat yang besar untuk melakukannya.

Ekspektasi Tinggi

Sebagian orang mungkin menekan diri mereka sendiri untuk menjadi populer dan memiliki sejumlah teman. Padahal, tidak penting berapa banyak teman yang Anda miliki.

Terkadang, kita hanya butuh satu atau dua teman untuk menuai semua manfaat psikologis dengan menjalin persahabatan yang mendalam.

Fokuslah dengan menjalin satu atau dua pertemanan yang bermakna. Lepaskan semua tekanan yang menghantui Anda ketika membangun ikatan persahabatan.

Gaya Hidup

Terkini

Sebelumnya diumumkan harga tikek masuk Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta.

Aktual | 18:00 WIB

Witan Sulaeman resmi bergabung klub Liga Slovakia menyusul Egy Maulana Vikri.

Sosok | 16:10 WIB

Seorang penjual siomay keliling jadi viral setelah menolong balita yang sendirian di halaman garasi, tanpa ada anggota keluarga yang tahu.

Aktual | 15:36 WIB

Aturan kenaikan tarif ojek online didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 564 Tahun 2022,

Aktual | 14:45 WIB

Lebih dari 53 ribu kicauan membahas tentang Gangnam. Para warganet di Indonesia bahkan heran dengan peristiwa banjir di Gangnam.

Aktual | 14:08 WIB

Pesan berantai tersebut berisi rentetan kronologi kasus paksaan jilbab di SMAN 1 Banguntapan.

Aktual | 11:49 WIB

Tim investigasi sedang melakukan proses sinkronisasi hasil temuan tim masing-masing.

Aktual | 10:36 WIB

Permainan jadi ajang untuk mengingat semangat perjuangan kemerdekaan.

Aktual | 18:00 WIB

Aturan memasang bendera Merah Putih diatur dalam Undang-undang No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Langsung Kebangsaan.

Aktual | 15:26 WIB

Padahal, kerusuhan berkebalikan dengan ajaran yang diajarkan dalam PSHT.

Aktual | 14:04 WIB

Keutamaan puasa Asyura disebut bisa melebur dosa setahun sebelumnya.

Aktual | 11:57 WIB

Kucing juga disebut sebagai sahabat manusia, lho.

Aktual | 10:50 WIB

Ia dipecat setelah akun MUI Payakumbuh mengomentari salah satu konten videonya.

Sosok | 18:37 WIB

Setelah sempat lesu akibat pandemi Covid-19 yang melanda, sejak awal tahun ini Tebing Breksi kembali ramai pengunjung.

Pelesiran | 16:39 WIB

Olimpiade ini diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK atau sederajat di DIY.

Aktual | 12:53 WIB
Tampilkan lebih banyak