3 Wisata Anti Mainstream di Jogja, Ada Paket Menginap dengan Campervan!

Belajar sejarah hingga berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal. Seru!

Asy Syaffa Nada A
Jum'at, 06 Mei 2022 | 06:00 WIB
3 Wisata Anti Mainstream di Jogja, Ada Paket Menginap dengan Campervan!
Instagram/nuvantara

Indotnesia - Wisata Jogja memang tidak bisa dipisahkan dengan budaya dan alam yang selalu bikin rindu. Selain itu, Yogyakarta juga memiliki ragam ciri khas di setiap daerahnya. 

Tak melulu dikomersialkan secara masif, potensi wisata sejumlah daerah di Jogja diperkenalkan secara unik atau anti mainstream lho.

Wisata Jogja anti mainstream bisa mengantarkanmu untuk mengenal Jogja lebih jauh lagi, seperti memaknai sejarah hingga menjadi lebih dekat dengan warga sekitar. Apalagi jika pengalaman berwisata di Jogja dihabiskan dengan cara yang unik.

Nah, berikut ini rekomendasi wisata anti mainstream Jogja yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pengalaman seru saat berlibur:  

1. Belajar sejarah sembari keliling kawasan wisata Jogja bersama Joggoodguide

Kegiatan trip walking tour Joggoodguide saat berkumpul di Masjid Gedhe Kotagede. [Instagram/@joggoodguide]

Berkeliling Jogja tanpa tujuan mungkin akan membosankan, apalagi jika dilakukan sendirian. Nah, kalau kamu ingin mencoba pengalaman seru berkeliling Jogja sambil jalan kaki, walking tour yang diadakan oleh Joggoogguide bisa jadi pilihan untuk diikuti.

Konsep walking tour yang diinisiasi oleh Joggoodguide terbuka bagi siapa saja dengan syarat melakukan registrasi melalui Instagram @joggoodguide. Wisata keliling Jogja dengan jalan kaki ini memiliki rute, hari dan waktu pelaksanaannya yang telah ditentukan. Selain itu, setiap bulan, rute yang disediakan berbeda.

Umumnya, peserta dapat memilih rute perjalanan reguler yang telah ditentukan. Diantaranya adalah Kali Code, Kauman, Jeron Beteng, dan Kotagede. Di setiap pilihan daerah tersebut, pemandu wisata akan mengajakmu berkeliling sambil menjelaskan sejarah dari tiap tempat yang dilewati.

Didirikan sejak 2016, setiap informasi tentang ketersediaan rute dan kuota walking tour bisa kamu cek melalui akun Instagram resmi mereka di @joggoodguide. Uniknya, mereka tidak mematok harga tetap, tetapi menerapkan sistem ‘pay-as-you-wish’ atau membayar sesuai dengan kepuasan dari pengalaman yang telah dilakukan bersama Joggoodguide.

2. Menyusuri Jogja dan bermalam dengan Campervan bersama Nuvantara

Salah satu spot pemberhentian trip Nuvantara dan VW combi yang disediakan. [Instagram/@nuvantara]

Perjalanan dengan Campervan atau mobil kemping biasa dilakukan di luar negeri. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Jogja kamu juga bisa menjajal pengalaman naik Campervan yang diinisiasi oleh Nuvantara.

Wisata Jogja anti mainstream satu ini akan membawamu untuk ‘menepi’ sebentar dari hiruk-pikuk perkotaan. Perjalanan dengan Campervan ini akan membawamu berwisata ke daerah dengan suasana alam menyejukkan yang ada di Jogja. 

Selain itu, kamu juga bisa mengambil paket 2 Hari 1 Malam dengan mengendarai VW Combi Klasik dan  mencoba menginap di tengah suasana alam Mengger Kemuning yang berada di Waduk Sermo, Kulonprogo. Trip wisata dari Nuvantara ini terbuka untuk umum dan dapat digabung secara terbuka dengan orang lain atau pribadi.

Tak hanya menyuguhkan trip wisata dengan Campervan, Nuvantara juga menyediakan wisata anti mainstream berupa pengalaman bersepeda di Nanggulan, Kulonprogo hingga mengeksplor sungai Selopamioro dengan kayak. Untuk biaya yang ditawarkan pun beragam, tergantung pada paket perjalanan yang dipilih. Info lebih lengkap, bisa cek langsung ke Instagram mereka di @nuvantara, ya!

3. Menghirup udara segar di selatan kota Jogja dengan bersepeda bersama Basikalwithview

Salah satu spot pemberhentian trip wisata bersepeda anti mainstream ala Basikalwithview. [Instagram/basikalwithview]

Wisata anti mainstream di Jogja lainnya yang bisa kamu coba adalah mengikuti trip bersepeda yang diadakan oleh Basikalwithview. Didirikan pada 2021, trip wisata bersepeda ini mengusung konsep perjalanan unik dengan rute perjalanan yang dekat dengan masyarakat sekitar. 

Terletak di dekat Pantai Samas, Yogyakarta, trip wisata dengan sepeda dari Basikalwithview mematok harga mulai dari Rp250 ribu untuk satu orang. Biaya yang dibebankan sudah termasuk dengan penyewaan sepeda, pemandu, dan dokumentasi berupa foto serta video.

Uniknya, perjalanan dengan sepeda ini akan membawamu menyusuri desa-desa dan berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar. Bahkan, jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan momen sunrise atau sunset di Pantai Samas. 

Rute perjalanan Basikalwithview memiliki jarak sekitar 16 km. Meski begitu, kamu tidak akan merasa kelelahan karena kalah terpesona dengan pemandangan alam, persawahan, dan sungai yang ada selama bersepeda. Selain itu, perjalananmu tidak akan diburu-buru karena konsep bersepeda yang ditawarkan begitu santai dan sesuai kemampuanmu dalam mengayuh sepeda.

Jika kamu tertarik untuk mengulik trip wisata sepeda Basikalwithview, kamu bisa langsung cek Instagram mereka di @basikalwithview. 

Itulah 3 rekomendasi wisata anti mainstream di Jogja. Berlibur tak harus selalu mengunjungi tempat populer, coba ‘menepi’ sejenak dengan menjajal trip wisata di atas. Menarik semua kan?

Pelesiran

Terkini

Sebelumnya diumumkan harga tikek masuk Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta.

Aktual | 18:00 WIB

Mulai dari rutin cek akun google hingga rutin ganti password, begini penjelasannya!

Gaya Hidup | 17:15 WIB

Witan Sulaeman resmi bergabung klub Liga Slovakia menyusul Egy Maulana Vikri.

Sosok | 16:10 WIB

Seorang penjual siomay keliling jadi viral setelah menolong balita yang sendirian di halaman garasi, tanpa ada anggota keluarga yang tahu.

Aktual | 15:36 WIB

Aturan kenaikan tarif ojek online didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 564 Tahun 2022,

Aktual | 14:45 WIB

Lebih dari 53 ribu kicauan membahas tentang Gangnam. Para warganet di Indonesia bahkan heran dengan peristiwa banjir di Gangnam.

Aktual | 14:08 WIB

Pesan berantai tersebut berisi rentetan kronologi kasus paksaan jilbab di SMAN 1 Banguntapan.

Aktual | 11:49 WIB

Tim investigasi sedang melakukan proses sinkronisasi hasil temuan tim masing-masing.

Aktual | 10:36 WIB

Permainan jadi ajang untuk mengingat semangat perjuangan kemerdekaan.

Aktual | 18:00 WIB

Tas itu bernama The Trash Pouch yang dikeluarkan Balenciaga, seperti apa bentuknya?

Gaya Hidup | 16:30 WIB

Aturan memasang bendera Merah Putih diatur dalam Undang-undang No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Langsung Kebangsaan.

Aktual | 15:26 WIB

Padahal, kerusuhan berkebalikan dengan ajaran yang diajarkan dalam PSHT.

Aktual | 14:04 WIB

Keutamaan puasa Asyura disebut bisa melebur dosa setahun sebelumnya.

Aktual | 11:57 WIB

Kucing juga disebut sebagai sahabat manusia, lho.

Aktual | 10:50 WIB

Ia dipecat setelah akun MUI Payakumbuh mengomentari salah satu konten videonya.

Sosok | 18:37 WIB
Tampilkan lebih banyak