5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh Makanan Khas Jogja yang Legendaris

Berwisata memang tidak afdol tanpa membawa pulang buah tangan.

Dwi Wulandari
Jum'at, 06 Mei 2022 | 13:03 WIB
5 Rekomendasi Toko Oleh-oleh Makanan Khas Jogja yang Legendaris
Indotnesia/ Eko Junianto

Indotnesia - Berwisata ke Yogyakarta tak lengkap rasanya kalau tidak menenteng oleh-oleh khas Jogja

Berlibur ke Kota Gudeg selain untuk menghibur diri, juga bisa untuk mencari oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa kembali ke perantauan.

Ada banyak toko oleh-oleh yang menjual berbagai jenis oleh-oleh khas Jogja, seperti  makanan, pakaian, hingga pernak-pernik. Salah satu jenis oleh-oleh yang paling banyak dicari adalah makanan. 

Jika kamu sedang mencari makanan khas Jogja tak perlu bingung lagi, berikut 5 rekomendasi toko oleh-oleh makanan khas Jogja yang dapat kamu kunjungi:

1. Bakpia Pathok 75

Varian lengkap Bakpia Patuk 75 [Instagram/ @bakpiapatuk75]

Bakpia Pathok jadi urutan pertama oleh-oleh makanan khas Jogja yang paling banyak dicari wisatawan.

Bakpia Pathok 75 beralamat di Jalan AIP Jl. Karel Sasuit Tubun No.75, Ngampilan, Kota Yogyakarta, tak jauh dari kawasan wisata Malioboro. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 22.00 malam.

Toko Bakpia Pathok 75  menyediakan berbagai macam varian isi bakpia, mulai dari bakpia isi kacang hijau, isi keju, isi coklat, dan  bakpia varian rasa. Selain itu, juga terdapat varian oleh-oleh makanan lain seperti wingko, gethuk, dodol, ampyang dan masih banyak lagi.

2. Bakpia Pathok 25

sebungkus Bakpia Pathok rasa kacang hijau [ulasan google/ Desy Apriliana Sari]

Selain ke Bakpia Pathok 75, Bakpia Pathok 25 tak kalah jadi incaran oleh-oleh para wisatawan. Pasalnya, kedua bakpia tersebut melegenda karena sudah ada sejak tahun 1948.

Lokasi Bakpia Pathok 25 berada di tengah kota, yaitu di Jalan Karel Sasuit Tubun No.504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 pagi sampai pukul 23.00.

Varian isi bakpia yang disajikan tak jauh berbeda dengan Bakpia Pathok 75, yaitu bakpia isi kacang hijau, isi keju, isi coklat, nanas, isi kumbu, dan varian rasa, juga banyak varian oleh-oleh makanan lainnya.

3. Gudeg Yu Djum

Kemasan vacum Gudeg Yu Djum [Instagram/ @gudegyudjum]

Makanan khas Jogja selanjutnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah gudeg. Gudeg Yu Djum jadi salah satu gudeg legendaris yang patut kamu coba.

Rasanya yang nikmat dan aromanya yang khas bikin Gudeg Yu Djum tak pernah sepi dikunjungi. Selain dapat makan di tempat atau di bungkus, kini Gudeg Yu Djum juga sudah menyediakan kemasan vacum yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan.

Di Jogja, Gudeg Yu Djum memiliki banyak cabang toko, di antaranya ada di Jalan  Malioboro, Jalan Dagen No.2C, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Selain itu ada juga tokonya di daerah Wijilan, Sosrowijayan, AM Sangaji, dan beberapa toko di titik lainnya.

Toko Gudeg Yu Djum buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 22.00 malam. 

4. Cokelat Monggo

Museum Factory Chocolate Monggo [chocolatemonggo.com]

Kalau suka yang manis-manis jangan lupa membawa oleh-oleh khas Jogja, Cokelat Monggo. Monggo adalah cokelat asli dari Jogja dengan resep ala Belgia, yang diolah oleh seorang asal Belgia, yaitu Thierry Detournay.

Ingin membeli oleh-oleh Jogja cokelat Monggo bisa mampir juga ke Chocolate Monggo Museum Factory Kedai & Gelato. Di sana, selain kamu dapat membeli oleh-oleh berbagai varian olahan cokelat premium di showroom-nya, kamu dan keluarga juga bisa berkeliling museum cokelat, mengunjungi pabrik, dan juga bersantai sambil menikmati berbagai menu olahan cokelat.

5. Toko Djoen

Bangunan toko Djoen [ulasan google/ Setyawan Utomo Hadi]

Toko Bakery & Shop Djon Lama atau yang dulu bernama toko Djoen jadi salah satu toko roti legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1935. Masuk ke toko ini kamu seakan diajak bersafari ke masa silam, karena di dalamnya masih terpajang atribut-atribut lawas toko roti. 

Toko ini berlokasi di Jalan Margo Mulyo No.78, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta tepat berada di kios toko-toko di jalan Malioboro.

Toko Djoen menyajikan roti-roti klasik yang empuk dan beraroma sedap serta harga yang sangat terjangkau. Roti yang disajikan  toko ini yaitu Onbijtkoek (roti rempah ala Belanda), roti sobek polos, roti rol polos, dan roti semir. Selain itu juga ada varian baru, yaitu roti tawar, roti pisang, roti aneka isian serta topping, kue sus, kroket, biskuit bagelen: roomboter 'Meila Chandra', hingga American-style doughnut.

Menu andalah dari toko Djoen adalah roti pisang. 

Itu dia 5 rekomendasi toko oleh-oleh makanan khas Jogja yang bisa kalian kunjungi. Jangan lupa untuk selalu jaga protokol kesehatan. Selamat berlibur. 

Pelesiran

Terkini

Sebelumnya diumumkan harga tikek masuk Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta.

Aktual | 18:00 WIB

Mulai dari rutin cek akun google hingga rutin ganti password, begini penjelasannya!

Gaya Hidup | 17:15 WIB

Witan Sulaeman resmi bergabung klub Liga Slovakia menyusul Egy Maulana Vikri.

Sosok | 16:10 WIB

Seorang penjual siomay keliling jadi viral setelah menolong balita yang sendirian di halaman garasi, tanpa ada anggota keluarga yang tahu.

Aktual | 15:36 WIB

Aturan kenaikan tarif ojek online didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 564 Tahun 2022,

Aktual | 14:45 WIB

Lebih dari 53 ribu kicauan membahas tentang Gangnam. Para warganet di Indonesia bahkan heran dengan peristiwa banjir di Gangnam.

Aktual | 14:08 WIB

Pesan berantai tersebut berisi rentetan kronologi kasus paksaan jilbab di SMAN 1 Banguntapan.

Aktual | 11:49 WIB

Tim investigasi sedang melakukan proses sinkronisasi hasil temuan tim masing-masing.

Aktual | 10:36 WIB

Permainan jadi ajang untuk mengingat semangat perjuangan kemerdekaan.

Aktual | 18:00 WIB

Tas itu bernama The Trash Pouch yang dikeluarkan Balenciaga, seperti apa bentuknya?

Gaya Hidup | 16:30 WIB

Aturan memasang bendera Merah Putih diatur dalam Undang-undang No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Langsung Kebangsaan.

Aktual | 15:26 WIB

Padahal, kerusuhan berkebalikan dengan ajaran yang diajarkan dalam PSHT.

Aktual | 14:04 WIB

Keutamaan puasa Asyura disebut bisa melebur dosa setahun sebelumnya.

Aktual | 11:57 WIB

Kucing juga disebut sebagai sahabat manusia, lho.

Aktual | 10:50 WIB

Ia dipecat setelah akun MUI Payakumbuh mengomentari salah satu konten videonya.

Sosok | 18:37 WIB
Tampilkan lebih banyak