Lebih Mudah dan Sederhana, Ini Aturan Baru Klaim JHT

Menaker pastikan sudah sesuai harapan para pekerja.

Dwi Wulandari
Jum'at, 29 April 2022 | 13:16 WIB
Lebih Mudah dan Sederhana, Ini Aturan Baru Klaim JHT
Indotnesia/ Dwi Wulandari

Indotnesia - Pemerintah meresmikan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Tata Cara dan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). Aturan itu merupakan revisi dari Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 yang sebelumnya menyebut jika JHT bisa diambil saat usia 56 tahun.

Permenaker ini diterbitkan sebagai tindak lanjut arahan presiden, sekaligus perhatian atas aspirasi masyarakat yang menghendaki penyederhanaan dan kemudahan proses klaim JHT. Selain itu, aturan ini telah melalui tahapan serap aspirasi publik secara luas. 

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Permenaker baru ini mengembalikan aturan terkait manfaat klaim JHT yang dapat diambil secara tunai dan sekaligus.

“Permenaker ini mengembalikan pengaturan terkait dengan klaim manfaat JHT sesuai dengan Permenaker Nomor 19 Tahun 2015. Bagi peserta yang mengundurkan diri dan peserta yang terkena PHK, di mana manfaatnya dapat diambil secara tunai dan sekaligus serta tanpa melewati masa tunggu 1 bulan,“ terang Ida saat konferensi pers virtual terkait revisi JHT, Kamis (28/4/2022). 

Ida menegaskan, manfaat JHT dapat dicairkan tanpa harus menunggu usia 56 tahun. Selain itu, aturan klaim JHT yang sebelumnya cukup rumit karena harus menyertakan empat dokumen, kini disederhanakan menjadi dua dokumen saja, yaitu Kartu Peserta BPJS dan KTP.

Selain penyederhanaan, aturan baru juga memberikan kemudahan syarat pengajuan tanpa harus melampirkan dokumen asli. Dokumen dapat berupa dokumen elektronik atau fotocopy.

Aturan baru juga memudahkan penyampaian permohonan dana JHT yang sebelumnya diharuskan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, kini dapat dilakukan secara daring.

Dengan diterbitkannya Permenaker Nomor 4 Tahun 2022, maka Permenaker Nomor 19 Tahun 2015 dan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tidak berlaku lagi.

Sebagai penutup, Ida menyampaikan harapannya kepada para pekerja/buruh terkait aturan baru yang diberlakukan.

“Saya harap semua pekerja/buruh sekali lagi tetap fokus. Saya ingin mengatakan tetap fokus dan produktif dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari karena aturan JHT yang baru dipastikan sudah sesuai dengan harapan teman-teman pekerja dan buruh,” kata Ida.

Aktual

Terkini

Para peneliti di Selandia Baru itu dikejutkan dengan resep kecantikan perempuan dari Abad 16 hingga Abad 18.

Gaya Hidup | 16:46 WIB

Semula, dalam keputusan menteri tertulis kenaikan tarif ojol efektif dilakukan maksimal 10 hari kalender, yang berarti tanggal 14 Agustus 2022.

Aktual | 14:06 WIB

Air terjun memang punya pesonanya sendiri. Dengan pemandangan indah di sekitarnya, berikut rekomendasi wisata air terjun di Jawa Tengah.

Pelesiran | 13:36 WIB

Muncul dugaan laporan palsu pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi oleh Brigadir J, yang laporan kasusnya kini telah dihentikan.

Aktual | 12:18 WIB

Kebersihan pakaian memang sangat penting bagi kesehatan. Sementara, sebagian orang lebih memilih membeli pakaian bekas karena alasan ekonomi.

Gaya Hidup | 10:53 WIB

Selain itu, laporan dugaan percobaan pembunuhan Brigadir J kepada Bharada E juga dihentikan.

Aktual | 20:30 WIB

Salah satunya karena perilaku ikan ini yang dikenal agresif.

Aktual | 19:42 WIB

Dikenal kontroversial karena karya tulisnya yang hina Nabi Muhammad.

Sosok | 16:07 WIB

Kedubes Jerman menolak paspor baru RI untuk membuat visa karena tidak adanya kolom tanda tangan.

Aktual | 15:15 WIB

Sebagai gantinya, J&J akan beralih ke bedak bayi berbahan dasar tepung jagung.

Aktual | 13:48 WIB

Video viral Gibran melepas paksa masker Paspampres menuai pro-kontra.

Aktual | 12:13 WIB

Sebelumnya, cuitan warganet yang menceritakan kejadian tersebut ramai di medsos.

Aktual | 17:15 WIB

Starlink disebut memiliki performa internet tinggi dengan harga terjangkau.

Aktual | 15:41 WIB

Aksi tersebut terekam dalam CCTV yang terpasang di bus.

Aktual | 14:21 WIB

Pusulap merah dilaporkan oleh Dukun se-Indonesia ke Polres Metro Jakarta Selatan atas pelanggaran UU ITE.

Aktual | 12:40 WIB
Tampilkan lebih banyak