Melihat Sepeda Bambu Hasil Kreativitas Jatnika yang Bernilai Tinggi

Di Bogor, seorang pria memproduksi sepeda bambu yang telah diekspor ke berbagai negara.

Asy Syaffa Nada A
Kamis, 21 April 2022 | 09:07 WIB
Melihat Sepeda Bambu Hasil Kreativitas Jatnika yang Bernilai Tinggi
Sumber: Indotnesia

Indotnesia, BOGOR - Di Indonesia, bambu pada umumnya dimanfaatkan untuk membuat bilik, alat rumah tangga, ataupun permainan seperti bahan pembuatan layangan dan egrang. Tapi seorang pria di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, justru membuat sepeda bambu yang bernilai tinggi.

Jatnika Nanggamiharja adalah sosok dibalik ide pembuatan sepeda bambu. Aktif sebagai aktivis pelestarian bambu, pria yang akrab disapa Abah Jatnika ini ingin mengangkat citra bambu jauh lebih dikenal manfaatnya.

“Saya ingin mengangkat yang selama ini bambu terkesan identik dengan kemiskinan, kesengsaraan, kita angkat supaya bambu itu naik ke permukaan, memiliki kualitas dan ada harga,” ungkapnya.

Abah Jatnika juga menjelaskan bambu memiliki berbagai kelebihan. Dari kacamata estetika seni, tiap batang bambu berbeda antara satu dan lainnya. Sedangkan dari ketahanannya, tumbuhan yang identik dengan makanan Panda ini memiliki kualitas anti-patah.

“Bambu ini tidak mengenal patah, adanya rangkas atau pecah sebab dia memiliki serat,” jelasnya.

Keunikan itu membuat bambu diperlakukan khusus, mulai dari cara menebang hingga masa tebangnya. Dengan demikian, kerajinan dari bambu bisa lebih berkualitas.

Sepeda Bambu Jatnika

Dapat tumbuh baik di banyak tempat di Indonesia, bambu menyimpan potensi besar untuk dikembangkan. Pelestariannya juga telah diperjuangkan oleh Abah Jatnika sejak tahun 1995.

Daya tahan serta potensi bambu yang besar, menjadi salah satu alasan pendiri Yayasan Bambu Indonesia ini merealisasikan idenya menciptakan sepeda bambu bernama Jatnika. Kerajinan dari bambu Jatnika, telah sampai di 26 negara di Asia, diantaranya China, Korea, Jepang dan negara Asia lainnya.

Meski laris manis hingga kancah internasional, sepeda ini tetap konsisten diproduksi dalam jumlah terbatas. Sebab, proses pembuatan satu buah sepeda bambu bisa menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan.

“Sepeda khusus yang memang kita produksi tidak banyak, paling banyak lima tiap tahunnya,” kata Abah Jatnika menjelaskan.

Pemilihan bambu yang tepat menjadi kunci dasar kualitas sepeda bambu Jatnika. Standarnya, sepeda ini membutuhkan bambu dengan ukuran diameter 4 cm dan 2,5 cm. Selain itu, batangnya tidak boleh berlubang dan harus berasal dari bambu tua.

Menurut Abah Jatnika, bambu yang sudah tua memiliki ciri khusus, yaitu adanya jamur di sekitar batang dan ketika dibuka seratnya berwarna coklat. Bambu tua menjadi pilihan karena daya lenturnya yang luar biasa.

“Semacam rancatan, sering dipakai maka kekuatannya akan nambah. Ini pun daya lenturnya akan luar biasa itu yang membedakan,” ujarnya.

Untuk membuat kerajinan dari bambu, proses pemilihan bambu harus benar-benar selektif. Selain itu, bambu membutuhkan perlakuan khusus ketika akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan sepeda. Sebelum dirancang, potongan bambu perlu direndam air 7 campuran herbal agar semakin kuat.

Proses panjang itu membuat sepeda bambu Jatnika layak diperhitungkan keberadaannya. Bahkan, kualitasnya tak perlu diragukan lagi karena telah lulus uji standar dari Indonesia dan Jepang. 

Jenis bambu untuk sepeda, pada umumnya adalah bambu petung. Terkenal sebagai bambu terkuat, jadi nggak heran ya jika harga sepeda bambu Jatnika dibanderol cukup mahal, yaitu Rp7 juta-Rp25 juta per unit.

Sosok

Terkini

Kritikan ditujukan untuk pihak kepolisian dan ada pula spanduk untuk mengenang para korban tragedi.

Aktual | 17:12 WIB

Mengusung konsep musik yang ceria dan lebih berwarna membuat lagu TREASURE menarik.

Aktual | 15:31 WIB

Diadaptasi dari cerita yang pernah ditulis pada 2015 dan menceritakan kisah nyata Kerajaan Dahomey di Afrika Barat.

Aktual | 14:49 WIB

Hal tersebut mengacu pada aturan terbaru KPI yang melarang menampilkan pelaku KDRT di tv maupun radio.

Aktual | 11:29 WIB

Acara berlangsung damai dan tertib hingga membuat publik kagum.

Aktual | 10:07 WIB

Momen tersebut ketika Rizky Billar membelikan kapal pesiar senilai Rp38 miliar untuk kado ulang tahun Lesti Kejora.

Aktual | 18:04 WIB

Lagu 28 Reasons merupakan single dari album dengan judul sama.

Aktual | 17:41 WIB

Baim Wong lagi-lagi menjadi sorotan setelah konten prank YouTube-nya menuai kecaman karena konten prank KDRT ke polisi.

Aktual | 17:00 WIB

Kyuhyun tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (2/10/2022) disambut antusiasme penggemar.

Aktual | 13:41 WIB

Koran asal New York, Amerika Serikat, itu menyebut kepolisian Indonesia kurang terlatih dalam pengendalian massa.

Aktual | 12:02 WIB

"Coba bayangkan bola itu dilempar kalau kena kepala bagaimana? Bisa pecah," kata Zulpan

Metropolitan | 19:15 WIB

Air mata di tragedi Kanjuruhan belum kering, namun Divisi Humas Polri sudah menggelar lomba penulisan artikel bertema apresiasi polisi humanis.

Metropolitan | 18:43 WIB

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Metropolitan | 16:46 WIB

Dengan begitu, Gerai SAMSAT milik Pemprov DKI Jakarta bertambah menjadi 15.

Metropolitan | 15:52 WIB

Anggota DPR 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut melaporkan Mamat Alkatiri ke kepolisian usai sang komika me-roasting perihal privilege sejumlah anggota dewan.

Metropolitan | 15:46 WIB

Nafa Urbach muak dengan para pria yang selalu memamerkan harta kepadanya demi membuat mantan istri Zack Lee ini tertarik.

Gosip | 23:10 WIB

Barang-barang Lesti Kejora diangkut truk juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:35 WIB

Para sahabat sempat mengingatkan Lesti Kejora untuk mempertimbangkan keputusannya menikah dengan Rizky Billar karena terlalu cepat.

Gosip | 22:05 WIB

Hetty Koes Endang ungkap Lesti Kejora sudah memberikan kode dan ingin menceritakan sesuatu sejak belum menikah, sebelum terjadinya KDRT.

Gosip | 21:58 WIB

Raja Charles III mengucapkan belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu.

Gosip | 21:51 WIB
Tampilkan lebih banyak