Sate Klatak, Sajian Kuliner dari Selatan Kota Jogja

Menjadi ikon kuliner Yogyakarta, sate klatak muncul sejak tahun 1940-an dan berkembang di kawasan Jalan Imogiri, Bantul.

Asy Syaffa Nada A
Rabu, 20 April 2022 | 10:54 WIB
Sate Klatak, Sajian Kuliner dari Selatan Kota Jogja
YouTube/Indotnesia

Indotnesia.com, YOGYAKARTAKuliner Nusantara dikenal beragam karena cita rasanya yang berbeda-beda hampir di setiap daerah. Seperti olahan sate yang memiliki berbagai macam variasi, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate padang, sate buntel, sate klatak hingga sate lilit khas Bali.

Jika sate ayam termasuk olahan sate yang paling mudah ditemukan, maka berbeda dengan sate klatak. Sajian kuliner tersebut populer dikenal sebagai salah satu kuliner unik di Yogyakarta.

Sate klatak pertama kali muncul di Pasar Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Berdasarkan sejarah, di dalam pasar tersebut terdapat sejumlah penjual sate klatak hingga kemudian berkembang di wilayah sekitarnya, terutama di Jalan Imogiri Timur.

Jika dirunut dari sejarah, sate klatak muncul sekitar tahun 1940-an. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya warga yang memelihara kambing di kawasan Pleret.

Menjadi salah satu ikon kuliner Yogyakarta, popularitas sate klatak semakin meningkat. Terutama setelah masuk dalam adegan film Ada Apa dengan Cinta season 2. Maka, tak heran bila keberadaan penjual sate klatak makin berkembang.

Terdapat sekitar 20 warung sate klatak yang berjejer di daerah Jalan Imogiri Timur. Mulai dari warung sate Pak Pong, Pak Bari, Bu Jazim, Mak Adi, dan lain sebagainya. Di antara itu, sate klatak Pak Pong dan Pak Bari termasuk paling populer karena telah banyak diulas hingga masuk televisi.

Sejarah Nama Sate Klatak

Sate klatak adalah sate daging kambing muda yang diberi bumbu garam dan sedikit merica. Tak jarang, penyajiannya ditemani oleh kuah gulai. Meski bumbunya terkesan "minimalis", sajian kuliner satu ini tetap memiliki cita rasa khas yang membuat banyak orang ketagihan.

Untuk nama klatak pada sate ini, bermula dari ketidaksengajaan. Dijelaskan oleh Uus, Manajer Operasional Sate Klatak Pak Pong, nama klatak berasal dari suara garam yang melekat pada daging sate ketika dibakar.

"Jadi, sejak dulu kan sate ini hanya dibakar dengan bumbu garam. Jadi, begitu ada daging terus dikasih garam, begitu dibakar ada bunyi klatak.. klatak... klatak... begitu. Ga tau juga kalau bakal booming seperti ini," ungkapnya.

Cita rasa sate klatak pun tak lepas dari media pembakarannya. Menggunakan jeruji besi, pembakaran daging kambing meresap hingga ke dalam sampai menghasilkan daging empuk dan rasa gurih yang berbeda dari sate daging kambing biasa.

Harga sate klatak dibanderol sekitar Rp24.000 per satu porsi dengan dua tusuk sate dan belum termasuk nasi. Tentunya, porsi sate klatak ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan sate kambing biasa.

Meski nikmatnya sate klatak tiada tandingan, tetap kontrol porsi makan agar tidak berlebihan, ya. Hati-hati dengan kolestrol. Selamat mencoba!

Pelesiran

Terkini

Sebelumnya diumumkan harga tikek masuk Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta.

Aktual | 18:00 WIB

Mulai dari rutin cek akun google hingga rutin ganti password, begini penjelasannya!

Gaya Hidup | 17:15 WIB

Witan Sulaeman resmi bergabung klub Liga Slovakia menyusul Egy Maulana Vikri.

Sosok | 16:10 WIB

Seorang penjual siomay keliling jadi viral setelah menolong balita yang sendirian di halaman garasi, tanpa ada anggota keluarga yang tahu.

Aktual | 15:36 WIB

Aturan kenaikan tarif ojek online didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 564 Tahun 2022,

Aktual | 14:45 WIB

Lebih dari 53 ribu kicauan membahas tentang Gangnam. Para warganet di Indonesia bahkan heran dengan peristiwa banjir di Gangnam.

Aktual | 14:08 WIB

Pesan berantai tersebut berisi rentetan kronologi kasus paksaan jilbab di SMAN 1 Banguntapan.

Aktual | 11:49 WIB

Tim investigasi sedang melakukan proses sinkronisasi hasil temuan tim masing-masing.

Aktual | 10:36 WIB

Permainan jadi ajang untuk mengingat semangat perjuangan kemerdekaan.

Aktual | 18:00 WIB

Tas itu bernama The Trash Pouch yang dikeluarkan Balenciaga, seperti apa bentuknya?

Gaya Hidup | 16:30 WIB

Aturan memasang bendera Merah Putih diatur dalam Undang-undang No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Langsung Kebangsaan.

Aktual | 15:26 WIB

Padahal, kerusuhan berkebalikan dengan ajaran yang diajarkan dalam PSHT.

Aktual | 14:04 WIB

Keutamaan puasa Asyura disebut bisa melebur dosa setahun sebelumnya.

Aktual | 11:57 WIB

Kucing juga disebut sebagai sahabat manusia, lho.

Aktual | 10:50 WIB

Ia dipecat setelah akun MUI Payakumbuh mengomentari salah satu konten videonya.

Sosok | 18:37 WIB
Tampilkan lebih banyak